Surakarta, 3 Agustus 2022 – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program magang yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Psikologi Islam (PI) Jurusan Psikologi dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. Sebelum adanya pemberlakuan kebijakan magang dalam Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar oleh Kemendikbud, Prodi PI telah menyertakan magang dalam kurikulum pendidikannya. Sebagaimana yang telah tercantum pada buku panduan akademik bahwa kegiatan PPL menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Psikologi Islam. Pada program studi PI, mahasiswa disarankan untuk memilih salah satu peminatan yang akan diperdalam di antaranya peminatan klinis, industri dan organisasi, sosial, pendidikan, perkembangan, dan pengembangan Psikologi Islam.

Sebelum mahasiswa PPL terjun ke lokasi magang sesuai peminatannya, pihak prodi terlebih dahulu memberikan pembekalan sekaligus pembagian kelompok beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing selama proses magang. Selanjutnya selama proses magang, mahasiswa akan dibimbing oleh supervisor lapangan yang memantau perkembangan mahasiswa sebagai laporan kepada DPL. SMP N 1 Pajangan menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh mahasiswa untuk belajar secara langsung bagaimana implementasi ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama enam semester sebelumnya di bangku perkuliahan.

Sembilan mahasiswa diterjunkan oleh Bapak Ayatullah Kutub H, M.Psi.,Psikolog selaku DPL kepada Bapak Rifai, M.Pd selaku kepala sekolah di ruang kepala sekolah pada hari Selasa, 2 Agustus 2022. Dalam penerjunan mahasiswa juga membahas sedikit mengenai pandangan program yang akan dilaksanakan di SMP N 1 Pajangan. Penerjunan mahasiswa PPL di SMP N 1 Pajangan diterima dan disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Supervisor dengan ramah mendampingi mahasiswa PPL untuk observasi lingkungan serta perkenalan dengan guru di sekolah. Kegiatan mahasiswa PPL selanjutnya akan berkolaborasi dengan guru Bimbingan Konseling (BK) SMP N 1 Pajangan.

Leave a Comment