Sukoharjo, 02 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB. Kegiatan magang atau biasa disebut dengan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dalam mempraktekkan teori-teori yang selama ini telah dipelajari didalam ruang kelas sebagai persiapan menuju dunia kerja yang sesungguhnya. PPL termasuk kedalam salahsatu mata kuliah wajib dan harus ditempuh mahasiswa program studi Psikologi Islam. Dengan penyelenggaraan PPL ini diharapkan mahasiswa program studi Psikologi Islam mampu menjadi lulusan yang berkualitas sesuai dengan 3 darmanya yakni Profesional, Berkarakter, dan Berbakti untuk terjun kedalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Program Studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kegiatan penyerahan Praktek Pengalaman Lapangan kelompok 4 yang berlokasi di Kompleks Griya Kartika D5-6, Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo atau di Rumah Psikologi Surakarta. Ibu Dr. Retno Pangestuti, M. Psi., Psikolog selaku Dosen Pembimbing Lapangan telah menghadiri serah terima Praktek Pengalaman Lapangan bersama dengan Ibu Husnulia Rosita M. Psi., Psikolog selaku pimpinan lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Acara ini dihadiri oleh rekan-rekan mahasiswa Psikologi Islam Praktek Pengalaman Lapangan kelompok 4 program studi Psikologi Islam dan juga Kak Nur Al Azizah yang bertanggung jawab sebagai Koordinator PPL dari lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Rumah Psikologi Surakarta adalah tempat untuk menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Rumah Psikologi Surakarta pada periode tahun kali ini menerima mahasiswa peserta PPL sebanyak 13 mahasiswa yang terdiri dari peminatan klinis sebanyak 4 orang, peminatan sosial 1 orang dan peminatan PIO sebanyak 8 orang. Acara penyerahan diawali dengan bacaan basmallah yang dipandu oleh pembawa acara yang mana berasal dari mahasiswa PPL, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars Psikologi Islam, kemudian acara penyerahan dibuka dengan penyampaian sambutan dan juga penyerahan dari program studi yang disampaikan oleh Dr. Retno Pangestuti, M.Psi., Psikolog selaku dosen pembimbing lapangan.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dan juga penerimaan dari Ibu Husnulia Rosita M. Psi., Psikolog, beliau selaku pimpinan lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Dalam sambutan Ibu Husnulia Rosita M. Psi., Psikolog selaku pimpinan lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa peserta PPL karena sudah berkenan untuk melakukan PPL di Rumah Psikologi Surakarta. Ibu Husnulia Rosita M. Psi., Psikolog atau yang akrab disapa Kak Ros juga menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang sekiranya akan mahasiswa PPL lakukan saat proses magang di lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta, beliau juga menyampaikan harapan-harapannya kepada mahasiswa PPL.

Reina Okta Cahyani dan Wulan Afifah Fahmadana

Leave a Comment