Surakarta, Agustus 2022 – Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program magang yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Psikologi Islam (PI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. Sebelum adanya pemberlakuan kebijakan magang dalam Kurikulum Merdeka Belajar oleh Kemendikbud, Prodi PI telah menyertakan magang dalam kurikulum pendidikannya. Sebagaimana yang telah tercantum pada buku panduan akademik bahwa kegiatan PPL menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Psikologi Islam. Pada program studi PI, mahasiswa disarankan untuk memilih salah satu peminatan yang akan diperdalam diantaranya pemintan klinis, industri dan organisasi, sosial, pendidikan, perkembangan, dan pengembangan Psikologi Islam.

Sebelum mahasiswa PPL terjun ke lokasi magang, pihak prodi terlebih dahulu memberikan pembekalan, pembagian kelompok beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing selama proses magang. Selanjutnya selama proses magang, mahasiswa akan dibimbing oleh supervisor lapangan yang memantau perkembangan mahasiswa sebagai laporan kepada DPL. Biro Nuha Solution menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh mahasiswa untuk belajar secara langsung guna mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama enam semester di bangku perkuliahan. Lokasi magang ini terletak di Jl. Sidomukti Tim. No.01, No.08, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta. Sejumlah 12 mahasiswa memulai PPL di Biro Nuha Solution pada tanggal 1 – 31 Agustus 2022.

Kegiatan PPL mulai dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022. Agenda hari ini berkenaan dengan  perkenalan dan pengarahan kegiatan PPL oleh Bapak Ahmad Sulaiman Jazuli selaku pemiliki Biro Nuha Solution. Berikutnya mahasiswa membahas rencana terkait kegiatan magang (PPL) selama satu bulan kedepan, Mahasiswa juga membentuk struktur organisasi, yang dimana Aninda Dwi Prastiti terpilih sebagai penanggung jawab kelompok. Selama kegiatan ini mahasiswa akan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Arief Eko Priyo Atmojo, M.Pd. Selama kegiatan magang, pihak Biro Nuha Solution telah mempersiapkan indikator-indikator yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa magang meliputi penguasaan alat tes, digital marketing dan merencanakan maupun menghandle sebuah event. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu memahami fenomena yang terjadi disekitar. Untuk dapat dikembangkan dalam penelitian sekaligus dapat menjadi masukan berharga bagi lembaga tempat magang.

Leave a Comment