Surakarta, Agustus 2022 – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau dikenal juga dengan kegiatan magang merupakan kegiatan intrakurikuler yang masuk sebagai salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Psikologi Islam pada semester tujuh. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam mempraktekkan teori-teori yang sudah dipelajari dibangku perkuliahan sebagai persiapan memasuki dunia kerja secara langsung setelah lulus dari perkuliahan. Dengan mengikuti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa Psikologi Islam mampu menjadi lulusan yang berkualitas dan siap terjun kedunia kerja. Sebelum memulai kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang ini, mahasiswa Psikologi Islam diharuskan menyelesaikan persyaratan yang sudah ditentukan sebelum melakukan pendaftaran magang, seperti melakukan penyetoran hafalan Juz ‘Amma.

Pada kesempatan kali ini, kami kelompok 7 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dibimbing oleh Ibu Azzah Nilawati, M.A., sebagai dosen pembimbing lapang, berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan magang di Lembaga Biro Psikologi Psikoaktif, Kartasura Sukoharjo. Biro Psikologi Psikoaktif menjadi salah satu tempat yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Psikologi Islam untuk belajar dalam kegiatan PPL tahun ini. Biro Psikologi Psikoaktif sendiri merupakan lembaga yang membuka layanan jasa yang bergerak dibidang psikologi, baik konseling, assesment tes psikologi, dan lainnya. Biro Psikologi Psikoaktif ini dicetuskan dan dikelola oleh pemiliknya, yakni Ibu Vera Imanti, S.Psi., M. Psikolog., bersama dengan rekan-rekannya. Biro Psikologi Psikoaktif ini beralamat di Blok B, safira Residence, Jalan Veteran No. 12, Singopuran, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, memiliki website yang beralamat https://psikoaktifpartner.com, dan instagram dengan nama psikoaktif.id, serta kontak whatsapp yang dapat dihubungi 0813-8870-3336 (menyesuaikan jam kerja).

Pada kesempatan kali ini, Biro Psikologi Psikoaktif memberikan kuota penerimaan mahasiswa magang sejumlah dua belas. kedua belas mahasiswa Psikologi Islam yang terpilih telah memulai kegiatan PPL di Biro Psikologi Psikoaktif terhitung sejak 1 Agustus 2022. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dimulai dengan agenda penyerahan mahasiswa PPL bersama Ibu Azzah Nilawati, M.A., selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan Ibu Vera Imanti, S.Psi., M. Psikolog., sebagai pemilik dari Biro Psikologi Psikoaktif. Setelah kegiatan penyerahan ini, dilanjutkan dengan penjelasan serta pengarahan singkat mengenai tugas yang nantinya akan dikerjakan selama masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Biro Psikologi Psikoaktif yang akan berlangsung selama lebih kurang satu bulan, yakni hingga akhir Agustus akan dilaksanakan penarikan mahasiswa PPL.

Anggun Prastiwi dan Hilyatun Niswah

Leave a Comment