Sukoharjo, 28-29 Juni 2022. Enam mahasiswa didampingi satu dosen Program Studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta hadir dalam workshop dan seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Seminar Nasional dan Call for Paper (Semnas CFP) mengusung tema “Penguatan Ketahanan Keluarga: Menjawab Tantangan Pembangunan SDM Indonesia Unggul”. Kegiatan Semnas diawali dengan Workshop Metode Penelitian Dalam Ranah Keluarga yang diselenggarakan secara terpisah di hari pertama dan bisa diikuti oleh peserta yang mendaftarkan diri.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Juni 2022 pada pukul 08.40-12.00 WIB dengan rangkaian acara pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Dekan Fakultas Psikologi UNDIP oleh Prof. Dian Ratna Sawitri S.Psi., M.Si., Ph.D dan dilanjutkan dengan pembagian breakout room sesuai dengan minat peserta.  Terdapat 5 pilihan ruang workshop yaitu : room 1 Systematic Literature Review dengan pembicara Dr. Ika Febrian Kristiana, S.Psi., M.Psi. (Undip), room 2 Translasi dan Adaptasi Alat Ukur oleh Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi., M.Si. (Undip), room 3 Behavioral Event Interview (BEI) oleh Dr. Unika Prihatsanti, S.Psi., M.A. (Undip), room 4 Metode Eksperimental dalam Penelitian Keluarga oleh Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi. (Universitas Padjadjaran), dan room 5 Photovoice sebagai Pengumpulan Data  oleh Beatriks Novianti Bunga, S.Si-Teol, M.A (Universitas Nusa Cendana).

Seminar Nasional yang diadakan pada hari Rabu, 29 Juni 2022 dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB. Ibu Femmy Eka Kartika Putri dari Deputi 4 Kemenko PMK mengawali sebagai keynote speaker, kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari panel oleh Ibu Dr. Novi Qonitatin, S.Psi., M.A dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang menyampaikan materi pertama mengenai Relasi Keluarga dalam membentuk SDM Unggul. Materi kedua mengenai Ketahanan Ekonomi Keluarga dan SDM Unggul yang disampaikan oleh Bapak Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D., dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Selanjutnya, pemateri ketiga yakni Bapak Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D., dari Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, menjelaskan materi mengenai Kualitas Hidup dan SDM Unggul. Acara Seminar Nasional tersebut berlangsung sangat baik dan lancar, lanjutkan acara berikutnya yakni presentasi Call for Paper (CFP).

Pada kegiatan CFP, para presenter dari Program Studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta mempresentasikan empat paper hasil penelitiannya. Paper dikirimkan pada tanggal 20 Juni 2022, selama proses riset dan penulisan paper, para mahasiswa dibimbing oleh Bapak Wakhid Musthofa, M.Psi., Psikolog. Adapun paper yang disajikan berjudul “Upaya Pencegahan Pemasungan Skizofrenia di Kalangan Masyarakat” oleh Livia Ayu Andarista, Nadiya Yulaina Nur C.S, dan Aulia Sayyidati, “Systematic Literature Review: Pengaruh Art Therapy Pada Anak Oppositional Defiant Disorder (ODD)” oleh Dwi Novitasari, dan “Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Perilaku Altruisme Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19” oleh Narulita Natasya Dwimahesi. Seluruh peserta Call for Paper mempresentasikan hasil riset pada tanggal 29 Juni 2022 melalui zoom meeting yang disediakan oleh panitia dimana tempat kami presentasi dipisahkan dengan breakout room yang dimulai pada pukul 13.00 WIB. Pada kegiatan yang sama, Bapak Wakhid Musthofa juga mempresentasikan paper yang berjudul “Brief Cognitive-Behavioral Coaching  (CBC) sebagai Alternatif Intervensi Pada Kasus Prokrastinasi Akademik”.

“Dari acara tersebut menjadikan pengalaman tersendiri bagi kami, mulai proses penyusunan paper, pengiriman abstrak hingga dipresentasikan. Kami berkesempatan belajar dari pemaparan hasil riset peserta lain. Kami berharap untuk kedepannya hal ini dapat memotivasi teman-teman untuk semangat berkarya dan mencoba hal baru, ” demikian komentar mahasiswa. Semoga pangalaman ini dapat bermanfaat dan memotivasi keikutsertaan civitas yang lain dalam kegiatan-kegiatan ilmiah selanjutnya.

Wakhid Musthofa, M.Psi., Psikolog

Leave a Comment