Workshop Review Kurikukum Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dilaksanakan pada Senin, 23 Mei 2022 di Hotel Grand HAP. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh prodi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Pada kegiatan ini mengundang seluruh dosen, stakeholder, user dan alumni. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Islah., M.Ag , didampingi oleh para wakil dekan. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh review konten kurikulum oleh stakeholder, user dan alumni. Proses review kurikulum dari Prodi Psikologi Islam dihadiri oleh Dr. Aditya Nanda Priyatama, S.PSi., M.Si. dari Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret dan Ibu Wiwik dari Goro Assalam sebagai user.

Sesi ini pihak Prodi Psikologi Islam banyak mendapatkan saran dan masukan dari stakeholder, user dan alumni. Dalam proses perkuliahan diharapkan dari pihak Prodi Psikologi Islam lebih banyak menekankan kepada praktek ilmu psikologi yang dibutuhkan di dunia kerja dan mengembangkan kompetensi hardskill (berkaitan dengan praktek). Lebih lanjut, diharapkan Prodi Psikologi Islam memiliki mata kuliah yang menjadi ciri khas dasar dan kompetensi khusus yang berkaitan dengan ilmu psikologi islam. Sesi kedua dilanjutkan dengan proses review mata kuliah yang ada di Prodi Psikologi Islam. Sesi kedua dari kegiatan review kurikulum dipandu oleh Ketua Jurusan, Dr. Retno Pangestui., M.Psi Psikolog dan Koordinator Prodi, Wakhid Musthofa., M.Psi, Psikolog.

Proses review ini sejatinya ditujukan untuk mencetak lulusan mahasiswa yang unggul dan mampu bersaing di dunia kerja dalam kurun waktu yang sesuai (3,5-4 tahun). Pada sesi ini setiap mata kuliah direview sesuai urgensi dan konten yang diajarkan. Proses review ini memunculkan usulan mata kuliah baru yang mencari ciri khas dari Prodi Psikologi Islam. Lebih lanjut, pada sesi ini dikembangkan pula terkait kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum MBKM ini diharapkan mampu membekali mahasiswa untuk bisa merasakan dunia kerja yang ada di lapangan. Pada sesi ini, tim dosen merumuskan mata kuliah apa saja yang sekiranya dapat dimasukkan ke dalam kurikulum MBKM. Hal ini diharapkan mahasiswa mampu menerima manfaat dari adanya kurikulum MBKM di Prodi Psikologi Islam.

Leave a Comment