Rapat koordinasi penulisan skripsi mahasiswa psikologi islam dilaksanakan pada hari Rabu, 13 April 2022 pada pukul 13.00-15.00 WIB. Pelaksanan rapat koordinasi ini dilakukan menggunakan zoom meeting yang dihadiri seluruh dosen prodi psikologi islam. Pada rapat koordinasi ini dipandu oleh Ibu Ibu Dr. Retno Pangestuti., M.Psi, Psikolog dan Bapak Wakhid Mustofa., M.Psi, Psikolog.

Dalam rapat koordinasi ini dibahas terkait dengan alur penulisan skripsi. Mahasiswa yang berada pada semester enam diharapkan sudah mulai merumuskan judul skripsi dan calon pembimbing skripsinya. Lebih lanjut, ketika mahasiswa berada pada semester tujuh diharapkan sudah mempersiapkan proposal skripsi secara matang. Hal ini diperlukan agar mempersingkat waktu. Mahasiswa juga dapat menempuh pilihan lain selain penulisan skripsi yaitu dengan melakukan penyusunan jurnal yang terindikasi moraref.  Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memilih variable skripsi yang lebih variative. Pemilihan variable skripsi ini bisa mengacu pada isu-isu terkini sesuai dengan kondisi yang ada pada saat ini.  Pemanfaatan bank data skripsi yang sudah ada di kampus juga akan lebih dioptimalkan kembali agar membantu mahasiswa mengakses skripsi-skripsi kakak tingkat terdahulu. Adanya bank data skripsi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk menemukan kebaruan dalam penulisan skripsi.

Dalam rangka mengoptimalkan proses bimbingan skripsi, dosen prodi psikologi islam akan berkolaborasi dengan dosen dari prodi lain dengan rumpun topik yang sama. Hal ini perlu dilakukan agar beban bimbingan skripsi tidak berlebihan sehingga proses bimbingan akan lebih cepat. Dosen Prodi Psikologi Islam berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan terbaik kepada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Demi tercapainya target lulusan, mahasiswa diharapkan untuk selalu berpatisipasi aktif dalam proses bimbingan. Mahasiswa diharapkan memiliki inisiatif meminta bantuan apabila menemukan kesulitan dalam penulisan skrispi. Adanya koloborasi yang integratif antara Bapak/Ibu Dosen Prodi Psikologi Islam dan mahasiswa diharapkan mampu mewujudkan riset-riset yang berkelanjutan dalam pengembangan ilmu psikologi di lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta.

Leave a Comment