Sukoharjo, Sabtu 26 Maret 2022 telah terselenggara salah satu program kerja dari Departemen keilmuan HMPS Psikologi Islam UIN RM said yaitu bedah novel yang diadakan di JLM pukul 09.00 WIB. Bedah novel kali ini berjudul layangan putus yang ditulis oleh Mommy ASF dengan pengisah yaitu Mas Juansyah Iqdamal Syarief dan dengan moderator Mbak isika mutiara. 

Acara bedah novel dimulai sekitar pukul 09.45 WIB. Dimulai dengan moderator membacakan cv pengisah. Lalu sekitar pukul 09.50 WIB. Pengisah mulai memberikan materi. Ada beberapa alasan mempertahankan rumah tangga yaitu dikarenakan faktor Pribadi, sosial , dan ekonomi .

Ada beberapa penyebab terjadinya Perselingkuhan, antara lain ,mencari variasi baru pengalaman seksual, balas dendam ketidaksetiaan pasangan,menentang monogami ,mencari kepuasan emosional, memiliki hubungan persahabatan, saling mendukung satu sama lain, masih muda atau menarik , dan hanya mencari kepuasan atau kesenangan. 

Pengisah juga mengatakan bahwa saat seseorang memperlakukan kita dengan buruk,jangan pernah kita membalas perlakuannya tersebut dengan hal buruk juga ,justru seharusnya kita balas perlakuan buruknya itu dengan perlakuan yang baik. Pengisah pun juga mengatakan bahwa  Kalau kita punya rasa nyaman ke orang lain jangan berlebihan dan yang pasti jangan sampai bergantung pada orang lain, terutama untuk perempuan, harus mandiri dan tidak bergantung pada laki laki. 

Pengisah selesai memberikan materi sekitar pukul 11.20 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada 6 orang yang bertanya. Salah satu pertanyaan pada sesi tanya jawab tersebut adalah bagaimana cara agar kita tidak kesal saat ingin melakukan perbuatan baik terhadap orang yang sudah memperlakukan kita dengan buruk? Pengisah menjawab ” Bahwa kita harus ikhlas terlebih dahulu ketika akan berbuat baik terhadap orang itu. Intinya jangan pernah berharap feedback dari orang lain atas perbuatan baik yang telah kita lakukan kepadanya namun ketika orang lain memperlakukan kita dengan baik,kita harus selalu memberikan feedback kepadanya. Sesi tanya jawab selesai pada pukul 11.50 WIB. Setelah itu dilanjutkan closing statement dari pengisah yaitu bahwa kita masih muda, jangan terlalu cepat untuk berpikir membina rumah tangga,dikarenakan kita masih punya banyak ambisi yang harus dicapai. Setelah itu ditutup oleh moderator.

Leave a Comment