Kementerian Agama melalui panitia penerimaan mahasiswa baru (https://www.um-ptkin.ac.id/ dan https://span-ptkin.ac.id/page )telah merilis prodi-prodi di lingkungan kementerian agama yang menjadi prodi dengan peminat terfavorit (pilihan 1). Informasi yang berdedar dalam bentuk Screenshoot (SS) melalui grup Whatsapp (WA) memuat informasi 10 besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kluster IAIN dengan peminat terbanyak.

IAIN Surakarta menempati urutan pertama prodi terfavorit Prodi Psikologi Islam IAIN Surakarta (PI IAIN Surakarta) menjadi salah satu prodi yang masuk dalam kategori 10 besar prodi terfavorit pada urutan ke-7 dengan jumlah pendaftar pilihan pertama sebanyak 596 pendaftar. Di lingkungan IAIN Surakarta, Prodi PI IAIN Surakarta menjadi Prodi terfavorit ke-3 setelah Prodi manajemen Bisnis Syariah pada urutan pertama dan Pendidikan Agama Islam pada urutan kedua. Psikologi Islam menjadi satu-satunya prodi dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta yang masuk dalam kategori 10 prodi tervaforit.

Screenshoot daftar 10 besar peminat prodi favorit. Sumber: Wakil Rektor 1 IAIN Surakarta.

Menjadi satu-satunya prodi favorit menjadi satu hal yang patut disyukuri. Hal ini memberikan sinyal ada kepercayaan dari para pendaftar untuk belajar di PI IAIN Surakarta. Di sisi lain ini menjadi tantangan bagi Prodi dan FUD untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan akademik. Sebagai prodi termuda di FUD, Prodi PI terus bertumbuh dan melakukan pengembangan-pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Program Studi Psikologi Islam merupakan program Sarjana (S1) yang resmi beroperasi pada 12 April 2017 melalui Surat Izin Operasional dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia No. 21/32/2017 , (https://pi.fud.iain-surakarta.ac.id/2018/03/14/sejarah-singkat/).

Memasuki tahun ketiga sejak berdirinya PI IAIN Surakarta sedang berproses untuk mengajukan Akreditasi Program Studi (APS) dengan kriteria akreditasi yang baru (APS 9 Kriteria). Demikain juga FUD sebagai Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS) sedang melakukan penataan SDM berbasis keilmuan program studi sebagaimana disampaikan oleh Dekan FUD Dr. Islah, M.Ag. Semoga dengan prestasi yang telah diperoleh dapat memberikan angin segar dalam pengembangan dan pelayanan dalam segala hal khususnya yang berkaitan dengan kurikulum, penambahan SDM sesuai kompetensi, dan sarana prasarana yang lebih baik lagi. Aamiin

Wakhid Musthofa

Leave a Comment