Surakarta – Perubahan peraturan akreditasi Perguruan Tinggi yang semula 7 standar menjadi 9 standar, menuntut para pengelola Fakultas dan Program Studi bersiap diri dan mempelajari setiap detail yang dibutuhkan. Berdasar hal tersebut Fakultas Ushuluddin dan Dakwah mengelenggarakan Workshop Penyusunan Borang APS 9 Standar (26/2/20).

Acara yang dilaksanakan di Gedung FAB lantai 4 ini diikuti oleh seluruh Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FUD. Selain itu, masing-masing prodi juga mengirimkan sejumlah dosennya untuk mempelajari borang 9 standar ini. Bersamaan dengan pelaksanaan dengan kegiatan ini, Program Studi Psikologi Islam (PI) sedang mempersiapkan submit borang 9 standar. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang untuk mengevaluasi borang yang disiapkan oleh program studi Psikologi Islam.

Kholil lur Rochman, M.S.I, (Kapus Audit-Pengendali Mutu dan Kreditasi LPM IAIN Purwokerto) sebagai  narasumber banyak memberikan catatan untuk perbaikan borang yang disiapkan Psikologi Islam. Catatan-catatan yang diberikan, sekaligus menjadi pembelajaran bagi setiap program studi di Fakultas Usuluddin dan Dakwah. Diharapkan prodi-prodi lain memiliki kesiapan dalam menyusun borang 9 standar.

Dr. Islah, dekan FUD, mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah harus berbasis output yang jelas. Untuk itu, semua pengelola fakultas dan Program Studi harus mampu untuk bekerjasama dan bekerja bersama untuk mencapai cita-cita yang sama-sama didambakan. Harus diakui bahwa akreditasi program studi ini memang bukan lagi menjadi hajat kaprodi dan sekprodi, namun ini menyangkut kepentingan banyak pihak. Semua harus bersinergi dan berkolaborasi.

Mempersiapkan borang 9 standar berarti juga mempersiapkan pengelolaan program studi yang lebih baik dan berbasis output. Hari ini, proses pelaksanaan Tri Dharma, tidak lagi hanya mengedepankan proses, akan tetapi harus ada roadmap dan capain yang jelas. (NR)

Penulis : Abraham Zakky

Leave a Comment