Yogyakarta – Kamis, 28 November 2019, Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta mengikuti International Conference Science and Engineering (ICSE) III, di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebagai presenter penelitian. Mahasiswa tersebut adalah Ahmad Mujahid, Miranda Refamala A dan Trisna Amalia R. Para peserta yang terdaftar sejumlah 200-an dari berbagai universitas dan dibagi menjadi beberapa kluster sesuai subtema.
Dalam konferensi dihadiri oleh keynote speaker; Prof. Driss Boutat dan Prof. Khaled Chetahouna dari Institute National Des Science Applique (INSA) ERS Centre Val de Loire, Bourge – France. Dan mendatangkan peneliti dari Benin, Afrika yaitu Nasser Farid Geraldo dan dari Turki Mr.Sc Artrim Kjamili. Dalam kesempatan ini tiga mahasiwa Psikologi Islam, mempresentasikan penelitian dengan judul “Waste to Energy: Batik Waste into Electricity”, dengan maksud merespon perlunya energi terbarukan (renewable energy), melalui pemanfaatan air limbah batik disalah satu penampungan air limbah batik Sentra Industri Batik, Laweyan, Surakarta. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah agar limbah batik tidak terbuang sia-sia, sehingga mengurangi pencemaran air sungai yang ada disekitar Sentra Industri Batik, Laweyan, Surakarta.

Rangkaian acara yang terdiri dari Plenary Session pukul 08.00 – 12.00 dan Pararelly Session pukul 13.00 – 15.00 berjalan dengan lancar dan memiliki output berupa proceeding yang akan diterbitkan setelah proses revisi dan layout.
(MIRA/PI)

Leave a Comment