Klaten – Sabtu, 23 November 2019, mahasiswa Psikologi Islam menghadiri pelatihan fasilitator
ROOTS (Roadmap to Outstanding Educators) merupakan kegiatan pelatihan yang menghasilkan para pendidik untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan abad 21.

Sekilas ROOTS adalah program kerjasama antara Pemerintahan Republik Indonesia dan UNICEF pada tahun 2017. Sasaran program ini adalah Pencegahan Perundungan (Bullying) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengingat kasus bullying yang sulit untuk dikendalikan, maka hadirnya program ROOTS ini menjadi alternatif solusi yakni dengan mendidik siswa sebagai agen perubahan secara kurikulum, sistematis, dan adaptif. Agen perubahan tersebut dipilih melalui orang yang paling dekat sesekolahan atau memiliki orang yang paling dikenal, sehingga harapannya orang tersebut setelah mengikuti program ini bisa menjadi rule model (teladan) bagi siswa lain.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Widya Dharma Klaten dan bekerjasama dengan lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kab. Klaten. Pelatihan fasilitator tersebut diisi oleh Pemateri dari LPA, yakni Ketua LPA Bapak Syakur dan Mas Wancik Ridwan selaku fasilitator dari LPA.

Mahasiswa Psikologi Islam yang terdiri dari Fajar Wisnu Bahari, Yulia Putri, Ahmad Mujahid, Rifky Widya, dan Aulia Fatma turut antusias mengikut berjalannya acara yang dimulai pukul 08.00 – 17.10. Walaupun idealnya pelatihan fasilitator ROOTS ini adalah selama 3-9 hari, karena sudah ada panduan modul yang disusun untuk 12 pertemuan (materi), tapi itu masih bisa dilakukan follow up jika berminat, yakni dengan aktif mengikuti pelatihan program ROOTS di smp-smp sekitar Klaten yang saat ini masih berjalan. (AMD/PI)

Berikut Modul Program ROOTS

Leave a Comment