Sukoharjo-Rabu 20 November 2019, telah dilaksanakan serangkaian acara Building Spiritual and Character (BSC) yang ke 5 dengan tema “Religiositas Kebangsaan dalam Perspektif Psikologi Agama Sebagai Counter Gerakan Radikalisme” yang diikuti oleh mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta angkatan 2017, 2018 dan 2019.

Pemilihan tema tersebut diangkat dari keresahan akan berkembangnya paham radikalisme dikalangan mahasiswa maupun dikalangan dosen Psikologi Islam IAIN Surakarta, yang tentu saja bertentangan dengan cita-cita luhur pendidikan Nasional yang mana salah satu tujuannya adalah deradikalisasi dalam bidang pendidikan. Jika kita lihat pada saat ini justru pendidikan menjadi sebuah ladang subur tempat tumbuhnya tunas-tunas bangsa yang mudah sekali terpengaruh dan terpapar paham radikalisme. Oleh karena itu dalam acara BSC ini diharapkan pemateri dapat memberikan gambaran bagaimana religiusitas kebangsaan yang dapat dilihat dari perspektif psikologi agama yang mencangkup beberapa aspek yang dapat dikupas antaranya agama, Psikologis, religiusitas, serta yang terpenting bagaimana cara menumbuhkan rasa kebangsaan, seperti perbuatan yang sholeh (religius) dalam bingkai kebangsaan itu sendiri,
Sehingga para hadirin khususnya mahasiswa Psikologi Islam memperoleh gambaran bagaimana perbuatan yang sholeh dan tidak bertentangan dengan agama, serta memiliki nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Sedangkan fungsi dari counter radikalisme yaitu agar dalam BSC kali ini memiliki output bagi para hadirin menjadi pelopor untuk menghadang paham radikalisme agama yang membahayakan kehidupan berbangsa kita.

Pada pukul 07.30 WIB peserta terlebih dahulu melakukan registrasi dan diarahkan untuk menempati tempat yang sudah disediakan oleh panitia.  Sebelum acara dimulai, terdapat ice breaking yang di pandu oleh fasilitator yaitu Azizah dan Tasya. Dilanjutkan dengan hiburan yang berupa nyanyian religi oleh Zumrotus.

Opening ceremony dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh MC yaitu Miladdiyani dan Risma. Susunan acara diawali dengan tilawah yang dibacakan oleh Qori dari kelas 3C. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Psikologi Islam yang dipimpin oleh Faikoh. Setelah selesai, selamat datang dengan sambutan-sambutan. Diawali dengan sambutan yang pertama oleh Anggi Lara O. selaku ketua panitia BSC 5. Kemudian yang disambut oleh Cahyati Windu P. selaku ketua HMJ Psikologi Islam periode 2019-2020. Sambutan yang ketiga dari Ketua Jurusan Psikologi Islam IAIN Surakarta Dr Retno Pangestuti, M.Psi., PSIKOLOG dan sambutan yang terakhir dibuka oleh Wakil Dekan III FUD Dr. Kholilurohman, M.

Acara inti yaitu pemaparan materi yang diawali dengan pembacaan CV pemateri oleh Aditya Putra D. selaku moderator. Pemateri pada BSC 5 kali ini yaitu Drs. H. Abdullah Faishol, M. Hum selaku ketua MUI Sukoharjo dan Ahmad Saifudin, M. Psi., PSIKOLOG selaku Dosen IAIN Surakarta. Setelah penyampaian materi selesai, terdapat sesi tanya jawab dan kesimpulan materi oleh moderator. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri, moderator dan penanya oleh ketua panitia BSC 5 dan ketua HMJ PI. Selesainya penyerahan, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Acara selesai pada pukul 11.55 dan ditutup oleh MC.

Ditulis oleh Alvi Dzalika S. (Div. Komunikasi dan Informasi)-HMJ PI IAIN SKA 2019

Leave a Comment