Yogyakarta, 26 & 27 Oktober 2019. Dosen dan mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta berkesempatan menghadiri forum psikologi Islam yang bertajuk Islamic Psychology Convention (IPC). Selama 2 hari hari (Sabtu dan Ahad) mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB para peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia berkumpul di Ruang G.100 Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.

Pada hari pertema, tiga pembicara yaitu  Muhammad Salis Yuniardi,S.Psi, M.Psi, PhD, Diana Setyawati, M.Hsc.Psy, Ph.D, Dr.Phil. Dra. Emi Zulaifah.M.Sc.masing masing menyampaikan materi tentang Sehat Mental Menurut Perspektif Psikologi Islam, Problematika Depresi dan Kecemasan dalam Islam, dan Membina Keluarga Islami Sehat Mental.

Pada hari kedua terdapat tiga materi yang disampaikan oleh 4 narasumber yaitu Sensing Culture : Menelisik Fenomena Degradasi Akhlak oleh Dr. Bagus Riyono, M.A., Pentingnya Pengasuhan Islami dalam Membesarkan Anak Sehat Mental oleh Muhammad Fatan Ariful Ulum, S.Psi, dan Talk Show Sehat Mental dengan Beramal dan Pengaruh Psikologis dari Ibadah  besama Dr. H. Fuad Nashari S. Psi.,M.Si., M.Ag. dan Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si.

Dr. Bagus Riyono, MA., Psikolog sebagai narasumber pertama di hari kedua merupakan presiden Internasional Association of Moslem Psychologist berkesempatan berfoto bersama dengan peserta dari Psikologi Islam IAIN Surakarta. Kegiatan kuliah ini menjadi salah satu tindak lanjut dari kuliah dan kerjasama (MoA) yang telah disepakati bersama pada (https://pi.fud.iain-surakarta.ac.id/2019/08/30/public-lecture-psikologi-islam-hadirkan-iamp-dan-himpsi/) yang  salah satu point nya adalah mendapatkan informasi dan kesempatanuntuk mengikuti kegiatan pengembangan keilmuan Psikologi Islam melalui seminar, workshop, maupun pengembangan kurikuum Psikologi Islam. Keikutsertaan dosen dan civitas mahasiswa dalam forum-forum seminar dan kegiatan pengembangan Psikologi Islami menjadi bagian dari upaya dan komitmen PI IAIN Surakarta dalam membangun jejaring keilmuan Psikologi Islam di Indonesia (WM/PI).

Leave a Comment