Semarang 24/10/2019. Program Studi Psikologi Islam (PI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta menghadiri undangan Rapat FORKOM Fakultas Psikologi Se-Jawa Tengah. Wakhid Musthofa, S.Psi., M.Psi., Psikolog , selaku bendahara Forkom sekaligus mewakili  Prodi PI IAIN Surakarta. PI IAIN Surakarta menjadi salah satu dari 26 Prodi Psikologi di Jawa Tengah yang diundang  sebagai penyelenggara pendidikan tinggi psikologi jenjang sarjana (S1). Turut hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan dari prodi jenjang pascasarjana (S2 dan S2 Profesi).  Kegiatan ini berlangsung satu hari mulai pukul 08.30-15.00 WIB di Ruang Lab. Psikodiagnostik Lantai 4, Gedung Fakultas Psikologi Undip , Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang. Psikologi Undip menjadi tuan rumah pertama dalam kepengurusan baru hasil musyawarah yang di adakan sebelumnya di Purwokerto (https://pi.fud.iain-surakarta.ac.id/2019/07/03/prodi-pi-hadiri-forkom-psi-jateng/) yang mengamanahkan posisi ketua Kepada Dian Ratna Sawitri,S.Psi., M.Si., Ph.D. (Fak. Psikologi Undip) dan  hasil musyawarah pada saat kolokium AP2TPI di Palembang (https://pi.fud.iain-surakarta.ac.id/2019/07/21/psikologi-islam-menghadiri-kolokium-xxviii-ap2tpi-di-palembang/)  untuk mengadakan kegiatan Rapat Kerja Forkom AP2TPI Wilayah Jateng.

Agenda rapat menghadirkan narasumber Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog  (Fak. Psikologi UGM yang menyampaikan materi diskusi “Etika Penelitian Sebagai Bagian Untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian.” Dalam paparannya, beliau menyampaikan pentingnya pembentukan Komite Etik dalam penelitian psikologi sebagai sebuah ‘lembaga’ yang akan memberikan penialaian terhadap proses penelitian psikologi yang sudah memenuhi standar etika penelitian terhadap subyek penelitian. Komite Etik dapat dibentuk oleh Fakultas secara mandiri ataupun menginduk kepada lembaga yang sudah berdiri dan mendapatkan pengakuan dalam memberikan rekomendasi / izin sebuah penelitian. Izin sebuah penelitian menjadi penting  karena menjadi salah satu yang menjadi ditanyakan oleh penerbit jurnal hasil riset di bidang psikologi.

Selepas ishoma (istirahat-sholat-makan), agenda dilanjutkan dengan serah terima kepengurusan Forkom Jateng lama kepada pengurus yang baru, kemudian dilanjutkan acara Rapat Kerja Forkom Jateng.  Di antara hasil rapat kerja tersebut adalah  terpilihnya Anna Dian Savitri, S.Psi., M.Si. (USM) sebagai Sekretaris Forkom, ketentuan terkait iuran keanggotaan, dan  rencana kegiatan 2019-2021 yang  akan melaksanakan pertemuan  rutin setiap empat bulanan yang bertempat di kampus  anggota Forkom (WM/PI).

Leave a Comment