Sukoharjo, (6 oktober 2019)-Pada hari sabtu, 5 oktober 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam IAIN Surakarta melaksanakan kegiatan BERAKSI (Berbagi Ala Mahasiswa Psikologi Islam) yang bertempat di desa Margomulyo 03/04, Puron, Bulu, Sukoharjo. Acara ini merupakan acara bakti sosial yang melibatkan pengurus HMJ Psikologi Islam dan mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta beserta beberapa relawan dari sebuah komunitas di Sukoharjo.

 Target BERAKSI kali ini adalah Mbah Marijem, lansia yang tinggal sebatang kara di desa tersebut. Selama ini Mbah Marijem tinggal di rumah sederhana yang terbuat dari bambu yang terlihat sudah lapuk termakan usia. Kesehariannya dihabiskan di dalam rumah tersebut tanpa beraktivitas di luar rumah karena tubuhnya sudah renta, bahkan untuk makan pun Mbah Marijem sudah tidak bisa memasak dan sehari-harinya dikirim makanan oleh beberapa tetangga sekitar.

Informasi tentang kondisi Mbah Marijem di dapat dari Eka Zevia kelas 3C yang merupakan tetangga dari Mbah Marijem. Mendapat laporan dari Eka Zevia HMJ Psikologi Islam pun langsung bergerak dengan melakukan open donation yang disebar di berbagai media sosial. Open Donation dibuka pada tanggal 26 september 2019 sampai 3 Oktober 2019. Dari Open donation tersebut terkumpul dana beberapa juta yang akhirnya diserahkan kepada Mbah Marijem pada sabtu, 5 Oktober 2019.  Menurut keterangan warga sekitar setelah adanya open donation untuk Mbah Marijem tersebar  di media sosial mulai banyak bantuan berdatangan, baik dari Pemerintah setempat, Yayasan Sosial dan beberapa Komunitas. Bantuan yang diberikan di antaranya yaitu sembako dan dibangunnya saluran air.

Selama di lokasi para peserta BERAKSI pun melakukan beberapa kegiatan, diantaranya membantu membersihkan dan menata rumah Mbah Marijem. Acara bersih-bersih selesai sekitar pukul 13.30 wib dan dilanjutkan dengan bercakap-cakap dengan Mbah Marijem dan beberapa tetangga yang hadir. Akhirnya acara BERAKSI pun diakhiri dengan berpamitan krpada Mbah Marijem dan warga yang datang.

Dengan adanya donasi tersebut diharapkan dapat membantu Mbah Marijem untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Menurut keterangan warga rencananya donasi yang terkumpul akan dialokasikan untuk membangun tembok rumah Mbah Marijem agar tidak kedinginan ketika malam .

Semoga dengan adanya kegiatan BERAKSI  ini dapat memupuk kepekaan sosial dan jiwa berbagi baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya.

Ditulis Oleh : Nanik Srisunarni-Dept. Keilmuan & KeagamaanHMJ PI

Leave a Comment