Sukoharjo, 24-25 Agustus 2019- Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta mengikuti kegiatan Malam Pengakraban (MAKRAB) dengan tema “Merajut Persaudaraan Jalin Kedekatan Ciptakan Kekeluargaan”. Acara dimulai pukul 10.00 WIB yang bertempat di Gedung Laboratorium lantai 3 ruang 302-303 diawali dengan pengondisian peserta dan pengumpulan resitasi. Kemudian dilanjutkan dengan ishoma. Pada pukul 13.30 WIB serangkaian opening ceremony dimulai dengan urutan acara yaitu pertama pembukaan, acara kedua tilawatil Qur’an yang di bawakan oleh Rianingsih, setelah itu menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars Psikologi Islam yang dipandu oleh Sarifa. Acara selanjutnya dengan sambutan dari ketua panitia MAKRAB Psikologi Islam 2019 Muh. Husein Muthahari disambung dengan sambutan dari ketua HMJ Psikologi Islam periode 2019/2020 oleh Cahyati Windu Prihatin dan yang terakhir sambutan sekaligus pembuka acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Prodi Psikologi Islam IAIN Surakarta Dr. Moh.Abdul Kholiq Hasan, Lc, MA, M. Ed.

Seusainya opening ceremony di lanjutkan dengan pembacaan Nawaprasetya yang dipandu oleh Mahasiswa Baru Psikologi Islam angkatan 2019 Naufal Hilmi dengan diikuti seluruh peserta. Setelah pembacaan selesai di sambung dengan materi yang diisi oleh Sekprodi Psikologi Islam IAIN Surakarta Wakhid Musthofa, M.Psi, Psikolog selaku pemberi materi mengenani sejarah dan ranah psikologi. Setelah pemberian materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pada malam harinya dilanjutkan dengan materi kedua yang diisi oleh Muhammad Affan mahasiswa KPI tentang keorganisasian. Setelah materi pemberian materi selesai acara berlanjut dengan penyalaan api unggun dan pentas seni yang bertempat di Hall FIT dengan menampilkan beberapa pertunjukan dari beberapa kelompok seperti puisi berantai, bernyanyi dengan iringan acoustic dan masih banyak lagi. Acara terakhir di hari pertama ini selesai pukul 23.00 WIB. Selepas itu para mahasiswa baru dipersilahkan menuju mimpi indah.

Keesokan harinya dimulai dengan kegiatan senam dengan dipandu instruktur senam Moh. Hamzah Sidik. Setelah senam selesai dilanjut dengan sarapan. Setelah itu acara yang paling seru yaitu fun games. Terdapat empat pos dan dimasing-masing pos ada permainan mulai dari pos 1 terong dengkul, pos 2 glass moving, pos 3 estafet karet dan pos yang terakhir yaitu pos 4 jembatan kardus. Semua peserta sangat antusias dalam permainan meskipun yang kalah mendapat coretan lipstik. Akhir dari kegiatan acara makrab yaitu pembagian hadiah serta penutup.

Alvi Dzalika (Divisi Komunikasi dan Informasi) – HMJ PI

Leave a Comment