Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta menggelar Forum Group Discussion dalam rangka “Penyusunan Dokumen Praktikum Keahlian”. Pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juli 2019 bertempat di ruang UD.306 IAIN Surakarta. FGD ini dilaksanakan, guna meningkatkan kemampuan dosen dalam merancang dan mengembangkan modul mata kuliah praktikum.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Psikologi Islam sejumlah 20 orang sebagai peserta FGD. Kegiatan hari pertama dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Imam Mujahid, S.Ag., M.Pd. Pada pembukaanya Dekan FUD IAIN Surakarta berharap dengan adanya penyusunan dokumen praktikum menjadikan setiap praktikum yang akan dilaksanakan di Prodi Psikologi Islam menjadi lebih terarah sehingga memiliki standar praktikum yang jelas baik bagi dosen pengampu maupun mahasiswa.

Narasumber FGD adalah Setiya Asyanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta) memulai pemaparan tentang pentingnya modul sebagai standar acuan yang jelas dalam pelaksanaan praktikum psikologi. Modul praktikum merupakan dokumen yang dapat menentukan mutu praktikum sehingga suatu saat selain sebagai pedoman baku praktikum juga sangat dibutuhkan untuk keperluan akreditasi Program Studi. Proses penyusunan Modul Praktikum harus disesuaikan juga dengan profil lulusan  prodi serta capaian pembelajaran mata kuliah terkait.

Setelah selesai narasumber menyampaikan materi, peserta FGD membuat kelompok kecil sesuai dengan mata kuliah praktikum yang ada di Program Studi Psikologi Islam. Materi praktikum juga diarahkan pada praktikum yang berbasis komunitas mengingat bahwa Psikologi Islam IAIN Surakarta yang memiliki kekhasan dalam konteks komunitas muslim. Pada hari kedua  FGD hasil penyusunan modul praktikum psikologi islam yang sudah dibuat oleh tim dosen dipresentasikan dihadapan narasumber untuk mendapatkan feedback dan arahan perbaikan modul.

Dalam acara penutupan Kaprodi Psikologi Islam Dr. H.. Moh. Abdul Kholiq Hasan, Lc., MA., M.Ed. menyampaikan bahwa mengingat pentingnya modul praktikum dalam proses pembelajaran ilmu psikologi, modul praktikum yang telah disusun oleh dosen-dosen psikologi islam bisa diperbaiki sesuai arahan narasumber sehingga akan menjadi modul praktikum Psikologi Islam IAIN Surakarta dengan kualitas baik yang terstandar.

Penulis : Lintang Seira Putri

Leave a Comment