Purwokerto (02/07/19). Pukul jam 02.30 dini hari, berbekal dengan surat Tugas, Kaprodi Psikologi Islam IAIN Surakarta Dr. Moh. Abdul Kholiq Hasan, Lc, MA, M.Ed, bersama rombongan dosen dari USB (Universitas Setia Budi) Surakarta, menghadiri acara FORKOM Psi (Forum Komunikasi Psikologi) Jawa tengah di Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Tujuan dari pertemuan FORKOM Psikologi Jateng di antaranya adalah penguatan silaturrahmi antar anggota, mengkoordinasikan perguruan tinggi di Jateng agar dapat aktif terlibat dalam kepengurusan dan kegiatan HIMPSI wilayah dan menyusun kegiatan Forkom Psi Jateng.

Dihadiri sebanyak 25 dosen utusan dari berbagai universitas dan Institusi pendidikan di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Program Studi Psikologi. Diantara perwakilan instutusi yang hadir pada saat itu adalah  UMP, UNIKA, UM Magelang, USAHID, UNS, UMS, IAIN Salatiga, Universitas Nasional Karang Turi, UNISULA, USB, USM, UM Purworejo, UMK dan tentunya IAIN Surakarta.

Acara tersebut dihadiri Ketua HIMPSI Jateng Bapak Ouys Alkharani, MM., M.Psi., Psikolog. Dalam pemaparannya menjelaskan pentingnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara HIMPSI dan Institusi penyelenggara Psikologi di Jateng. Juga disinggung terkait kegiatan yang dapat dilakukan bersama HIMPSI Jateng.

Menyambut apa yang telah dipaparkan ketua HIMPSI Jateng tersebut, Kaprodi Psikologi Islam IAIN Surakarta bertanya mengenai kedudukan alumni Psikologi Islam di HIMPSI. Ouys Alkharani menjawab, bahwa tidak lagi ada masalah terkait dengan lulusan Psikologi Islam, selama gelar akademisnya adalah S.Psi. dan kurikulum sesuai dengan kurikulum standar AP2TPI, 6 Dosen Psikologi serta terakreditasi, maka alumni Psikologi Islam dapat bergabung dengan HIMPSI. Ouys siap membantu alumni Psikologi Islam terkait persyaratan kenggotaan HIMPSI dan menghadiri undangan ke IAIN Surakarta.

Pada pertemuan FORKOM PSI juga dibahas tentang keorganisasian Forkom Psi. Berdasarkan banyaknya masukan dari para peserta tentang pentingnya kedudukan Forkom Psi secara resmi, maka disepakati Forkom Psi sebagai kepanjangan  AP2TPI (Nasional) yang berada di tingkat wilayah (Jateng). Kemudian disepakati FORKOM PSI berubah nama menjadi FORKOM AP2TPI Jateng. Nama Forkom tetap dipakai sebagai pengingat sejarah FORKOM Psi Jateng. Selanjutnya disepakati pula pembentukan kepengurusan akan dilaksanakan pada acara Kolokium AP2TPI XVIII di Palembang pada tanggal 16-17 Juli 2019 mendatang.

Moh. Abdul Kholiq Hasan/PI

Leave a Comment