DSC_6752
Panitia dan Perwakilan Delegasi Kelas serta Divisi Psikologi Islam IAIN Surakarta

Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia yang selanjutnya disingkat IMAMUPSI. Berdiri di Bandung pada tanggal 28 Rabi’ul Tsani 1422 H atau 19 Juli 2001 M. Azaz IMAMUPSI adalah Islam, yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tujuannya supaya pengembangan pemikiran dan aplikasi psikologi sesuai  dengan nilai-nilai islami.

Visi: Menjadi pusat pengembangan pemikiran dan aplikasi psikologi yang berwawasan islam.

Misi: Menampung dan menyalurkan aspirasi pemikiran mahasiswa muslim psikologi serta memasyarakatkan Psikologi Islami sebagai wacana ilmiah.

Musyawarah Regional  III Jateng – DIY merupakan agenda dua tahun sekali terlaksanakan di IAIN Surakarta. Suatu kehormatan bagi Psikologi Islam IAIN Surakarta menjadi tuan rumah dalam amanah yang telah diberikan oleh pengurus regional untuk menyelenggarakan acara tersebut. Hari Minggu, 24 Februari 2019 pukul 08.00 – 15.00 WIB di Ruang Aula Gedung Pasca Sarjana Lantai 4 IAIN Surakarta.

Menurut Dwi Aristiawan dari Universitas Diponegoro selaku koordinator regional III periode 2018-2019 mengatakan bahwa sambutan yang diberikan oleh IAIN Surakakarta memiliki nuansa yang berbeda. Dikarenakan situasi yang tercipta sangatlah baik, beda dengan musyawarah sebelum-sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, peserta dari masing-masing universitas bisa hadir semua untuk berhimpun dan berkumpul. Sekitar  11 universitas yang terlibat saling silahturahim dan berdiskusi bersama, yakni: UMS, UNS, IAIN Surakarta, UIN Sunan Kalijaga, UII, UIN Walisongo, UGM, UNNES, UNISSULA, UNDIP dan UAD.

 

Dr. H. Moh. Abdul Kholiq Hasan. M. A., M. ED. sebagai Kepala jurusan Psikologi Islam IAIN Surakarta berhalangan hadir. Maka beliau di gantikan oleh Wakhid Musthofa M. Psi., Psikolog untuk mewakili Jurusan Psikologi Islam IAIN Surakarta sekaligus perwakilan segenap Rektor IAIN Surakarta yakni Dr. H. Mudofir, S. Ag., M. Pd.

DSC_6745

Wakhid Musthofa M. Psi., Psikolog menyampaikan bahwa Psikologi Islam IAIN Surakarta memiliki mahasiswa yang sudah terseleksi sedemikian rupa dan punya daya tarik di jalur SPAN pada hari Jumat, 22 Maret 2019 dinyatakan Program Studi kami masuk 10 besar dalam kategori jurusan yang paling diminati. Keberadaan keilmuan psikologi islam diharapkan menjadi kebermusyawarahan program-program yang nyata bagi perkembangan psikologi islam yang bermanfaat. Beliau menyarankan agar musyawarah ini memperbanyak agenda-agenda yang dapat memajukan di wilayah regional III Jateng-DIY. Diperlukan dukungan bagi kita semua untuk menyatukan aspirasi, ide dan gagasan yang terbaik.

Beliau mengatakan IMAMUPSI sebagai sarana saling tolong-menolong satu sama lain sehingga menguatkan karakter-karakter di Indonesia. Upaya berlomba-lomba dalam kebaikan agar menjalin komunikasi yang baik antar masing-masing universitas. Meneruskan kepemimpinan generasi awal yang mempelopori adanya organisasi ini supaya muncul jiwa-jiwa pemimpin selanjutnya. Terpilihnya Muhammad Jundi Al-Faqih dari Universitas Muhammadyah Surakarta  sebagai Koordinator Regional III Jateng-DIY periode 2019-2020, diharapkan dapat mengemban amanah ini untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Ditulis oleh

Eri Purwandari

Surakarta, 24 Februari 2019

Leave a Comment