Poster.png

 

Himpunan Psikologi (HIMPSI) Indonesia Cabang Surakarta dan Universitas Sahid telah menyelenggarakan acara lomba poster.Dalam rangka acara World Mental Healty Day 2018 yang mengusung tema “Young People and Mental Health In Changing World”. Berlokasi di Car Free Day (CFD) Surakarta pada tanggal 14 Oktober 2018 pukul 08.00 sampai selesai.
Acara yang diadakan untuk mengkampayekan pentingnya menjaga kesehatan mental bagi diri sendiri. Berawal dari kita (yang paham akan ilmu psikologi) terlebih dahulu. Jika kita sudah bisa menerapkannya. Maka tugas kita harus menginformasikan kepada orang lain cara-cara menjaga kesehatan mental bagi kita semua seperti apa. Masih banyak masyarakat awam sampai saat ini. Belum mengetahui dampak yang ditimbulkan jika melelaikan sangatlah serius. Mereka bisa saja dilihat dari aspek fisik sehat. Tapi apakah mereka merasa bahagia? Apakah mereka merasa kehidupan yang jalani sesuai dengan keinginan mereka? dan Apakah mereka ikhlas menerima jika kenyataannya diluar ekspetasi?. Mereka hanya sibuk menjaga kesehatan fisik saja dan mengabaikan kesehatan mental. Ada kemungkinan besar ketika seseorang tidak mampu menghadapi masalah. Tidak jarang meraka akan mengalami strees, depresi dan memilih untuk mengakhiri hidupnya.
Dari fenomena sosial yang dijelaskan tersebut, sudah sangat jelas banyak yang diluar sana yang belum paham akan pentingnya kesehatan mental. Maka dari itu perwakilan dari IAIN Surakarta. Ahmad Mujahid dan Trisna Amalia Ramadhani memiliki ide dan gagasan dengan tema ” Mental Health For All”. Mereka kerjakan dalam waktu yang sangat singkat. Kendala yang mereka hadapi karena kurang pahamnya mereka dalam mendesain. Akan tetapi mereka dapat memperoleh juara dalam kategori Favorit III merupakan permulaan yang bagus bagi pemula. Mereka telah mengharumkan nama kampus sekaligus jurusan kita Psikologi Islam IAIN Surakarta.
Kemenangan mereka menyumbangkan satu piala dan dua sertifikat. Pemenang akan memiliki satu sertifikat. Sementara piala dan satu sertifikat lainnya akan diarsipkan di bidang akademik untuk menunjang akreditasi jurusan.
Motivasi mereka mengikuti ini karena terinspirasi masyarakat yang sampai sekarang masih banyak yang menganggap kesehatan mental itu tidak perlu dibahas, Akan tetapi kesehatan mental itu perlu ditangani.Tips-tips menjaga kesehatan mental dengan cara rajin beribadah, berpikir positif, menjaga fisik merupakan tahap awal untuk membuat mental kita sehat. Kemudian kita bisa menjauhkan kegiatan yang merugikan.
– Narasumber : Ahmad Mujahid dan Trisna Aulia Ramadhani
Surakarta, 26 november 2018
– Ditulis oleh : Arsitya Ajeng Lestari dan Eri Purwandari

Leave a Comment