Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2018
Untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2018. Himpunan Psikologi (HIMPSI) Cabang Surakarta mengadakan acara World Mental Health Day 2018 yang bertemakan “Young People and Mental Health In Changing World” dengan jargon Health-Happy-Resilient. Berlokasi di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi Surakarta pada tanggal 14 Oktober 2018, pukul 06.00-09.00 waktu setempat.
Tujuan acara adalah untuk sosialisasi pentingnya kesehatan mental. Berawal dari diri sendiri sampai menyembuhkan bagi orang lain. Dengan cara rajin beribadah, berpikir positif, menjaga fisik yang sehat merupakan langkah awal membuat mental kita sehat. Kemudian kita bisa menjauhkan kegiatan yang merugikan, misalnya menyinyir, dan suka memendam perasaan. Alangkah baiknya kita berbagi keluh kesah kepada orang yang kita percayai. Sebagai makhluk sosial tidak dapat dipungkiri bahwa kita butuh bantuan orang lain. Saling membantu dan tolong-menolong kepada sesama. Janganlah kita menunjukkan sikap acuh tak acuh, tapi kita harus punya rasa peduli.
Instansi yang terlibat yaitu Himpunan Psikologi (HIMPSI) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Sahid Surakarta (USS), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, dan Universitas Setia Budi (USB). Acara ini melibatkan 3 komunitas yakni Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Indonesia wilayah Jawa Tengah, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), dan Komunitas Anak Bawang.
Fasilitas counseling booth yang telah disediakan oleh Komunitas Anak Bawang. Misalnya, Congklak, balap karung, dan lainnya. Bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak bahwa Indonesia khususnya wilayah Surakarta memiliki permainan seru, yang kini mulai tidak lagi dilirik bahkan terlupakan. Serta Musik akustik dan Photo Booth .
Acara dimeriahkan dengan beberapa kegiatan. Ihza dan Zakia memimpin acara hingga selesai. Sambutan yang disampaikan oleh bapak Nugroho selaku Ketua Panitia dan bapak Susanto Yuwono sebagai ketua Himpsi Cabang Surakarta. Jalan sehat yang dimulai dari rute titik kumpul MC Donald – MAN 2 Surakarta. Peserta berjumlah 547 orang. Di depan MAN 2 Surakarta terlaksana senam sehat yang dipandu oleh Zakya Ali atau akrab dipanggil Zaza. Ia berasal dari Riau, Sumatera. Lalu dilanjutkan dengan bagi-bagi doorprize. Hadiah diberikan kepada yang tepat waktu datang ke lokasi oleh Ahmad Mujahid dari IAIN Surakarta, terheboh saat senam oleh Aska dari UNS, berhasil menebak nama Ketua Himpsi oleh Ajeng dari UMS, dan juga diberikan kepada peserta yang mempersembahkan sebuah lagu diiringi oleh Indah pemain keyboard yaitu Aditya Nur Annafi dan Zumrotus dari IAIN Surakarta.
Kemudian pengumuman pemenang lomba poster. Juara 1 dimenangkan oleh Doni Randa dan Rani Widia Ningrum dari USS. Juara 2 dimenangkan oleh Anggita Valya dan Maria dari USB. Juara 3 dimenangkan oleh Melati dan Aprilia Isna dari USS. Ada juga pemenang kategori Favorit, Untuk pemenang Favorit 1 diraih oleh M.P Alqimari dari UNS, Favorit 2 diraih oleh Karin Hadiyanti dari UMS dan Untuk pemenang Favorit 3 berhasil diraih oleh Trisna Amalia dan Ahmad Mujahid dari IAIN Surakarta. Serah terima hadiah diserahkan oleh beberapa pihak terkait, seperti piala dan sertifikat. Selamat bagi yang memenangkan perlombaan dan terimakasih telah bergabung dalam memeriahkan lomba poster tersebut. Foto bersama mengakhiri acara ini.
Surakarta, 15 Oktober 2018. Oleh Eri Purwandari.IMG-20181016-WA0024

Leave a Comment