Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Psikologi Islam yang mengintegrasikan keilmuan, keislaman, ke-Indonesiaan dan kearifan lokal di tingkat nasional  pada tahun 2027”

Visi Keilmuan (Scientific Vision)

“Mengembangkan keilmuan bidang Psikologi Islam berbasis riset dengan mengelaborasi khazanah nilai-nilai Islam, ke-Indonesiaan dan kearifan lokal.”

Melalui visi saintifik ini Program studi Psikologi Islam melaksanakan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berbasis keilmuan psikologi dan studi Islam sebagai upaya untuk mengembangkan keilmuan dan keunggulan dalam bidang Psikologi Islam, menghasilkan lulusan yang berkarakter ibadurrahman, unggul secara akademik, memiliki keterampilan psikologis, serta mampu menjawab kebutuhan dan layanan psikologi di masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Psikologi Islam yang berkualitas, berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesiaan dan kearifan lokal.
  2. Mengembangkan keilmuan bidang Psikologi Islam berbasis riset dengan mengelaborasi khazanah nilai-nilai Islam, ke-Indonesiaan dan kearifan lokal.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang berorentasi untuk peningkatan kualitas kesehatan psikologis masyarakat.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi khususnya dalam bidang Psikologi Islam.

Tujuan

Mengacu pada visi dan misi Program Studi Psikologi Islam  di atas,  maka tujuan Progam Studi Psikologi Islam adalah:

  1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan akademik bidang Psikologi Islam yang berkualitas, berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesiaan dan kearifan lokal.
  2. Terwujudnya lulusan yang mampu menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuan psikologi serta penelitian bidang Psikologi Islam.
  3. Terlaksananya program-program riset psikologi Islam dengan mengelaborasi khazanah nilai-nilai Islam, keindonesiaan dan kearifan lokal.
  4. Terlaksananya program pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas kesehatan mental masyarakat.
  5. Terlaksananya kerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mewujudkan program Psikologi Islam yang unggul dan kompetitif

Kompetensi atau Profil Lulusan

Program Studi Psikologi Islam menghasilkan lulusan yang memiliki profil yang terdiri dari :
Profil lulusan utama meliputi :

a) Tenaga Kerja di bidang Sumber Daya
Manusia, Komunitas dan Pendidikan,

b) Konsultan Psikologi,

c) Konselor,

d) Asisten Psikolog.


Profil lulusan tambahan meliputi:

a) Entrepreneur Islami,

b) Penulis/content creator/influencer,

c) Motivator Program Pelatihan,

d) Peneliti Muda di Bidang Psikologi Islam.

Leave a Comment